POHON JABON

ARTIKEL INI BUKAN COPY PASTE DARI WEB LAIN ARTIKEL INI ADALAH HASIL TULISAN SENDIRI,,,DAN SUDAH DI PRAKTEKAN OLEH SAYA,,,SELAMA INI SAYA MENANAM POHON JABON UDAH 1 TAHUN,,,MASIH DALAM UJI COBA,

JABON

Sejenis kayu keras yang pertumbuhanya sangat cepat dapat tumbuh cepat dan subur.Kayu Jabon dapat hidup di tanah Lempung,pod solid,tanah liat,tanah berbatu dan lain-lain.Saat ini kayu Jabon menjadi andalan industri perkayuan seperti:kayu lapis,plywod,industri mebel,plup produsen peti buah,mainan anak-anak,korek api,alas sepatu,papan,triplek dan lain-lain.Nilai Eksport ke negara industri maju sebagai kayu bubur kertas seperti di Jepang.

KEUNGGULAN

  1. Tumbuh sangat cepat di bandingkan kayu keras lainnya.
  2. Tidak memerlukan perawatan khusus.
  3. - + tahun 1993 – 2009 belum di temukan penyakit yang mematikan seperti Tumor karat (Albasia).
  4. Tidak memerlukan pemangkasan,karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok dengan sendirinya (Selfpurning).
  5. Masa produksi jabon yang sangat singkat 4 – 5 tahun sudah bisa panen.
  6. Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus.
  7. Harga jual jauh lebih tinggi.
  8. Di saat ini – + 1 – 1,2 juta/m³.Dan masih banyak lagi keistimewaan Jabon.

Tanaman Jabon bagai Tanaman Emas

Masa produksi yang begitu cepat 4 -5 tahun saat ini Jabon sebagai kayu andalan industri maju perkayuan.Kebutuhan kayu akan terus meningkat seiring albasia sebagai kayu andalan industri nyaris punah terserang berbagai penyakit yang mematikan.Jadi bisa di katakan masa mendatang 5-10 tahun Jabon akan terus melambung – + 1,5 juta/ m³.Belum lagi pemerintah melarang penggunaan kayu bulat hasil penebangan hutan alam akibatnya banyak industri cukup kekurangan pasokan kayu.

Tanaman Jabon Bagai Tanaman Emas

  1. Muhamad Instaf SH.Desa Rawa Urip,Kec.Pangenan-Cirebon =>Dalam Usia 6 tahun ada yang mencapai 40 – 45 m.
  2. Pak Hasan.Tanam 625 dalam 4 – 5 tahun mampu menghasilkan 800 – 1000 m³.
  3. DI kalangan PON-PES Ternama “BENDA” Sukses dalam tanam jabon.

PENJUALAN/PUSAT PENAMPUNG


  1. PT.HENDRATNA
  2. PT.SERAYU MAKMUR KAYU INDO (SMK) Banjarnegara dan ratusan cabang di Purbalingga

POLA TANAM
2 X 2,5 M
3 X 3 M
4 X 4 M
4 X 5 M

  1. Buka tanah dengan cangkul 40 X 40 cm dengan kedalaman – + 50 cm
  2. urug kompos – + 2,5 kg,NPK (1 sendok) di kasih kantong air 10 cm
  3. Buka Lobang Lebar 25 X 25 cm dalam 40 cm
  4. urug kompos – + 2,5 kg,NPK (1 sendok) di kasih kantong air 10 cm.Sebagai pupuk dasar lihat gambar

PERAWATAN
Semprot Pestisida secara aktip per 1 atau 2 minggu sekali selama 3-5 bulan tergantung keadaan gangguan ulat dan belalang daun setelah daun sudah cukup banyak Fungsida sudah tidak perlukan lagi karena daun tak akan habis.

Setelah umur 1- 2 tahun 10 kg kompos dan 2 ons NPK.
2 – 3 tahun 20 kg kompos dan NPK 7,5 ons
Atau
1 – 2 tahun 30 kg kompos
2 – 3 tahun 30 kg kompos
Catatan:Lakukan pemupukan minimal 1 – 2 X dalam setahun
(TAPI JIKA ADA KEMAMPUAN LEBIH BAIK,PEMUPUKAN SAMPAI BATAS USIA PANEN 5 – 6 TAHUN AGAR HASIL LEBIH MAKSIMAL)

Artikel ini saya buat sendiri dan copy beberapa majalah dari majalah Trubus….setelah saya pelajari dan saya mencoba menanam pohon jabon ada beberapa gambar yang saya ambil setelah usia 1/2 bulan…1/2 bulan itu adalah usia pemupukan pohon jabon…

Pohon Jabon Usia 1/2 Bulan
About these ads

72 Tanggapan to “POHON JABON”

  1. lif2k3 Says:

    pertamax!! mantab gan… nice info banget…

  2. Maz Didin Says:

    Alamatnya mana boz? Sy di Pekalongan. Kl untuk tumpang sari tanaman apa yang cocok ya?

  3. Maz Didin Says:

    kalo mau tumpangsari jenis anaman apa boz?

  4. Asep Says:

    Saya tertarik dengan budidaya pohon jabon ini, saya sudah membeli 100 bibit yg Insya Allah akan siap tanam dalam minggu² ini. yg menjadi permasalahan skrng ini adalah kalo di tanah cadas bisa kira² harus ada perawata khusus tidak.

  5. Jabon Says:

    bagusnya jabon, bisa di tanah gambut juga.

  6. ario Says:

    di daerah gambut basah bisa ga pak di pekanbaru?, thanks berat pak.

  7. aan Says:

    Apa benar ada banyak macam jabon.
    ada F1, F2. F3. F4. F5 dan juga ada yang kuning, putih dan merah.
    tolong pak spesifikasinya?
    terimakasih

  8. abai haqi Says:

    aku mempunayi banyak setok phon jabon,, da yang tertarik ??

  9. fikar Says:

    Kalo tanam didaerah tanahnya dominan berpasir tp berdekatan dengan rawa yg airnya tawar bisa optimal atau tdk pertumbuhannya pak?? Tq

  10. fredi Says:

    jabon memang sangat prospek bagus n saya mau tanya mengenai cara supaya pohon jabon disaat panen umur 4thn kayunya agak keras mesti gimana tuh pak

  11. abdul fatsya Says:

    di mana alamat lengkap anda bila saya mau beli bibit pohon jabon, apakah anda siap membeli hasil tebangan kayu jabon

  12. mizuno Says:

    mau nany,kl dijakarta ada yg jualan bibit phn jabon ga,trus harga/batangnya brp…

  13. mizuno Says:

    tru,kl di jkt ada yg jual bibit phn jabon di daerah mn,kl wat tnh ukrn 3.000m3 kr2 bth brp bibit phn jabon

  14. chamcy Says:

    kalo jkrt aku kurang tau…..

  15. mizuno Says:

    dipurbalingga yg jual dimn,kebtln kan aku asli purwokerto,..trus kl beli bibitnya hrga per batang berapa,…

    • chamcy Says:

      banyak ko pak yang jual di purbalingga…kemaren aku beli perbatangnya 5000 /batang kalo bapak minta hubungi aku saja di hp: 085747825525

  16. eksiarto Says:

    SAYA BUTUH BIBIT JABON UNTUK LAHAN 750 M PERSEGI,KIRA2 BUTUH BIBIT BERAPA DAN BELI DIMANA HARGA BERAPA..

  17. jerico Says:

    met kenal jabon mania semua…ciri2x jabon kuniing,merah, hijau dilihat dari mana pada waktu bibit 50 cm…bpk punya jabon hijau? sy minat neh..tksh.

    • chamcy Says:

      saya malah nanemnya jabon hijau kang….kalo yang kuning pertumbuhanya kurang cepet..kalo ciri2 jabon hijau di pohonya hijau daunya juga hijau…kalo dia jabon kuning pohonya kuning…begitu juga daunya juga ikut kuning

  18. mardiyuwono Says:

    nuwun seu kang chamsy , angger tanah ukuran 2100 m2 kinten2 butuh pinten wit , trus saged bagi2 pengalaman mboten , kula tertarik banget nandur wit jabon

    suwun

  19. dede Says:

    kang tanah saya ada didataran tinggi +- 1000 m dpl.apa masih bagus ditanami jabon.lokasi tasikmalaya.terima kasih info nya

  20. Mirdad Mirdani Says:

    Bang betul banget tu investasi menanam pohon jabon, menjanjikan! Dengan keunggulan yang dimiliki pohon jabon yang mendatangkan keuntungan kepada kita yang membudidayakannya, juga menguntungkan kepada lingkungan. Kenapa? kita sudah tahu semua, sekarang ini masalah dunia tentang lingkungan salah satunya adalah Global warming/pemanasan global, banjir,longsor dan sebagainya. Semua itu memerlukan vegetasi, yang salah satu upaya menanggulangi masalah tersebut yaitu dengan menanam pohon jabon.

    Jika Bapak/Ibu/Saudara/i yang mau berinvestasi dengan menanam pohon jabon, ada lahan yang mau dijual. Status tanahnya milik warga sekitar, dengan harga murah sekitar Rp 20.000,- bisa nego. Lokasinya diserang banten 50 HA, di Bogor sekitar 200 HA. Tlp saja saya 087770065061,085717307235

    SEMOGA SUKSES

  21. KUSRIONO Says:

    mohon saran,……………
    Saya punya rencana menanam di 20.000 m2 lahan yang kondisinya miring 35darajat, tentu ukuran jarak penanaman di atas tidak sama dg penanaman di tanah saya, dan kira-kira dengan luas segitu saya harus menanam merapa pohon?
    mohon informasinya juga tentang kendala2 yang di hadapi di masa tanam sampai panen?
    bolehkah seandainya sambil menunggu masa panen, disela-sela tanaman jabon saya tanam tanaman lain yang umurnya relatif lebih cepat, seperti jagung,cabai dll?

    terimakasih atas penjelasanya

    • chamcy Says:

      sama tanah bapak sama tanah saya….tanah saya juga miring ampir 60 derajat.kalo tanah miring kek gitu susah pak untuk di tebak berapa2 pohonya….kalo masa tanamnya gampang ko pak…yang ngerusak daun jabon cuma belalang….makanya harus sering di semprot rutin itu 1/2 bulan sekali harus di semprot anti hama….kalo udah umur kira2 1 tahun 1/2 udah,ayem pokoknya :D

  22. nana herdiana Says:

    pak saya punya lahan 2100 m2, minat nanem jabon, ada cabang ga di majalengka, ini no hp saya 081395846238. mksih

  23. dwi Says:

    kita siap tampoung kayu jabon,200 truk per hari,dwi s
    085226662303

  24. joko subroto Says:

    bang, aku saat ini juga banyak yg nanya dan pesan untuk proyek turus jalan,yaa setiap desa ada yg 50 sampai 100 pohon,dan pupuk yg aku gunakan adalah pupuk organik cair TOP G2 saja dan hasilnya luar biasa ,pertumbuhanya sangat cepat sekali,bahkan yg mau mati bisa hidup subur lagi,yg membengkok dahanya dan layu daunnya bisa lurus dan segar lagi,mungkin abang bisa nyediain bibit yg agak murah,nanti aku pesan kesana ,hubungi aku (0271)9241964,kalau bisa kerja sama kita pasti jaya bang,abang nyediain bibitnya aku nyediain pupuknya yaitu pupukTOP G2 dan kalau bisa investor,karena ada yg nyediain lahan

  25. sephinal jr Says:

    Pak saya mau nnya..pak kamssyy… Klo untuk Kebun luasnya 400 m2 itu bisa di tanam berappa Pohon jabon ya pak..? trus jarak antara ohon satu ke hon lainya Kira2 brp biar pertumbuhan nya Tidak terganggu antara pohon satu dengan Pohon lainyaa…..

  26. walijo Says:

    mas saya tertarik dgn artikel sampeyan, kalau tempatnya itu apabila musim hujan terkadang tergenang air sampai 1hari baru kering apabila saya tanami jabon apakah tidak mati mas, klu curah hujannya cukup tinggi kadang ketinggian air sampai 1meter.mas,mungkin kalau tinggi pohon udah 2m tergenang air 1hari apa bisa mati juga.

    • chamcy Says:

      jabon..itu makan aernya banyak…bagus kalo jabon itu ke rendam air…jabon kalomasih di lontongan 1 jam nggak di siram udah kering tuh lontonganya….1 m tinggi aer?yang penting pohon jabonya dah gede gag papa pak

  27. anwar Says:

    Gan saya sangat tertarik untuk melakukan kegiatan penanaman pohon dimaksud apalagi kedepan kayu hutan sdh mulai lanka dan, kalau kita mau beli bibitnya dimana dan bagaimana caranya saya ada di Palembang tks mhn konfirmasi

    • chamcy Says:

      wah kaskuser juga….kalo di daerah palembang bibitnyta setau ane lum ada loh gan…bibit kebanyakan datengnya dari jawa timur…ane aja waktu pertama nanam pesen dari jawa timur

  28. anwar Says:

    Wah kalau gitu gimana caranya untuk mendapatkan bibitnya gan ane rasanya pengen kali untuk mencobahnya budidaya pohon tsb tks

  29. nimoet Says:

    Kalo prospek jabon di pontianak dan pemasarannya gimana?? trus bibitnya nyari dimana?

  30. roby Says:

    bang kalu bibit jabon; kira2 didaerah banten ada ga??

  31. dani herdiansyah Says:

    saya mo nanya obat pestisida apa nama merk’y?

  32. asep Says:

    ada ga yang jual bibit jabon di sekitar cirebon ? kl ada mohon infonya, mksh

  33. azen Says:

    Yth, Ts. apa pohon jabon bisa ditanem di daerah pinggir pantai?, yang dekat dengan air laut ?

  34. edy Says:

    saya punya usaha pembibitan tanaman albasia & jabon, bagi yg mau order baik partai besar maupun kecil… silahkan hub kami (calll/sms) di no 0815020800, 081328333040. THx

  35. alfriets j. suoth Says:

    pak saya dari manado, sulawesi utara, tepatnya di kab. minahasa selatan amurang, saya mau pesan pohon jabon bisa ngga, berapa harganya ya sampai di tempat saya? terima kasih.

  36. DWIE CHANDRA WIEDYATMOUKO Says:

    Jabon adalah tanaman jenis kayu keras semacam jati. Masyarakat umum biasanya menyebutnya dengan sebutan pohon jati belanda. Menurut riset yang sudah-sudah memang sanggat menggiurkan bagi para pengusaha yang mempunyai lahan tanah kosong dan luas. Menurut bbrp sumber bahwa tanaman jabon itu akan tumbuh lurus bilamana tidak terpotong kayu utama jadi bisa menggunakan sistem tumpang sari seperti layaknya sawah di negara agraris ini. Daunnya lebar akan sangat membantu memperteduh tanaman kecil lainnya yang tidak peka terhadap terik matahari apalagi didaerah yogyakarta yang lagi musim hujan abu efek dari adanya erupsi dari Gunung Merapi. Alhasil debu dari merapi dalam waktu singkat akan sangat membantu pertumbuhan tanaman. Hati-hati bagi para petani (farmer-ing) jabon yang memanfaatkan lahannya dengan ternak kelinci yang diliarkan karena hewan yang satu ini benar-benar sangat menyukai daun jabon apalagi yang bmasih muda hemmm…mmmmm nikmat ujarnya. he.. hal itu bisa dibuktikan setelah mengetahui beberap tanaman yang sudah habis daunnya bahkan tak segan-segan batangya disikat habis juga. tapi jangan khawatir kalau anda tidak sempat membersihkan tanaman pengganggu lainnya (gulma) karena bisa mengalihkan perhatian dari ancaman kelinci terhadap daun-daun kecoklat-coklatan itu.Sebagai petani hanya bisa berdoa sampai tingi tanaman itu harus benar-benar pada posisi aman dari jangkauan tubuh kelinci (Konign- Bld). Belum lagi ancaman pada akarnya diman binatang ini sangat senang tinggal di gorong atau bawah tanah. Wah benar-benar merugikan sekali……… Lain halnya Ayam yang merupakan hewan penggangu lainnyan hanya bisa mematok atau merobek daun yang lebar itu.Maklum nggak kebagian jalan mau cari makanan di bawah batang harus tengak-tengok terlebih dahulu bahkan sapai direlakannya kepala guna beberapa makanan yang tak tentu…. yach ketemunya malah kotoran kambing yang sudah sengaja ditata sama empunya. Awal penanaman memang harus telaten dan pemeliharaan serta pemupukan harus sering dilakukan guna makanan tambahan bagi jabon.Awas kalau sudah agak dewasa usahakan jangan sampai dorong-dorongan satu sama lainnya. Karena akan menghambat proses masak pada zat hijau daun (Klorophil). Selamat mencoba dan selamat tersenyum sambil manggut-manggut… Sukses bersama saya pada 10 tahun yang akan datang dengan Tanaman jabon pada tahap pembesaran.

  37. Vhan Says:

    Berdasarkan uji coba 10 bibit jabon tinggi 50-60cm yg sudah saya tanam ditanah yg banyak air dan tergenang air. 3 bibit yg tergenang air dlm waktu 3harimenunjukan tanda-tanda layu kemudian batang busuk dan mati. Tetapi 4700 btg yg telah ditanam tdk lbh dr 50 yg gagal tumbuh setelah ditanam. Yg perlu diwaspadai bagaimana mengatasi ulat keket dan belalang yg dlm 10 jam bisa menghabiskan daun jabon yg br ditanam. Sharing pengalaman jabon sangat diperlukan. Buat yg br mau nanam ataupun yg telah menanam.
    Lokasi penanaman saya di karawang dan cikarang. Blm sempet upload foto hasil dilapangan.
    Mohon info jabon yg sudah siap panen apakah sudah ada?

    no_vh4n@yahoo.co.uk

    • ivan Says:

      nama saya ivan, dimana perkebunanny yang ada di ckarang dan di krwang, sya punya lhan tidur dan rencananya akan sy tanami jabon. bsa kontak person di nmor 021 917 23 445

  38. akbar Says:

    begini pak ya…
    saya benar-benar minat dng usaha ini..
    tp saya blum tw bnyk tntg dmn penjualan..
    dan cara bagi hasil panen dengan perusahaan..
    tlong pak ya..
    informasinya…

  39. Budi Raharjo Says:

    Sangat menarik….pengen nyoba jadinya…ngomong2 di Kalsel ada nggak yang jual bibitnya dan apakah Pohon Jabon ini dapat tumbuh di Lahan Pasang Surut?

    Thanks

  40. yayukwicaksono Says:

    saya tinggal di jogja, apa bisa saya berpartisipasi untuk ikut menanam pohon jabon sedangkan tanahnya saya tidak ada

  41. Arief Fadillah Says:

    Gan, kayaknya kok enak semua gak ada kendalanya. Harganya kayu nya per m3 1.2 jt. Gan, biaya tebang kayu kayu, upah langsir, dan transport kayu kan mahal gan ? Kalau harga 1.2 jt itu kotor ya gan ? bersihnya kira2 jatunya berapa ya gan ? 600rb / m3 ada gak gan ?

  42. teguh Says:

    Pak Kamsy, sy di Madiun nDeso, sangat tertarik untuk menanam jabon. Bisakah di info, di jawa timur mana (alamat lengkap, kota, telp kalo ada) saya bisa mendapatkan bibitnya kayak sampeyan. matursuwun sing kathah PaK !!!!

  43. yadi Says:

    kalau jabon di tanam dengan pola polikultur cocoknya dengan tanaman apa mz

  44. yadi Says:

    kalau saya mw menanam jabon dengan pola polikultur cocoknya dengan jenis pohon apa ya mz?

  45. yandi Says:

    slmt mlm.p nimoet bila saudara berminat mencari bibit kayu produktif termasuk jabon sy bergerak dipembibitan daerah kalbar.u info bs hub
    yandi 081803143189[tlp/sms u konsultasi]

  46. jali Says:

    kalo bibitnya kira@ berapa harganya?
    yang 20cm

  47. riyadi Says:

    pak saya pingin nanam pohon jabon tanah saya kadang kalau pas musim juhan kena banjir .apa kira2 bisa hidup

  48. Mulyadi Says:

    Kami Kelompok Tani di Sumatera Selatan memiliki lahan +- 1000 Ha, mencari investor yang berminat untuk bermitra menanam jabon dilahan tersebut. Peminat serius bisa menghubungi 087794818999

  49. ANTOX Says:

    Ada yg tau tempat jual bibit jabon di daerah yogyakarta? atau wonosari gk?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: